Kepala Dinas Tenaga Kerja yang Baru Ir. AGUS MUALIF, M.Si

AGUS MUALIF ROHADI, lahir di sebuah kampung di Surabaya tanggal 20 Agustus 1958, putera staf pegawai PT. PAL Surabaya yaitu Rohadi dan lbunya yaitu Siti Asma’ Ambini. Sekolah SD di kampung Ploso Surabaya, demikian pula SMP dan SMA di Surabaya. Ketika menjadi mahasiswa ITS, untuk meringankan beban orang tuanya, sambil kuliah mencari rizqi dan sempat memperoleh beasiswa prestasi yang meringankan untuk biaya kuliah. Sejak di kampung, ketika masih sekolah SD pada sore hari kegiatannya mengaji di masjid NU di kampung Ploso dan pada setiap hari sabtu dan minggu sore sempat sedikit belajar tajwid dan bahasa arab di Rumah Yatim Muhammadiyah di Jln. Gresikan Surabaya.

Ketika menjadi mahasiswa ITS di Fakultas Teknik Perkapalan, disela-sela kegiatan kuliahnya, sempat menjadi sekretaris Badan Permusyawaratan Mahasiswa Teknik Perkapalan, disamping itu aktif pula di organisasi mahasiswa ekstra kampus yaitu Himpunan Mahasiswa Islam, dan bersama beberapa temannya mendirikan Komisariat HMI Perkapalan. Setelah itu aktif di Koordinator Komisariat ITS, dan selama satu tahun pada 1981-1982 menjadi Pejabat Ketua Umum HMI Cabang Surabaya. Pada tahun 1982-1984 menjadi salah satu Ketua pada Badan Koordinasi HMI Jawa Timur, kemudian tahun 1984-1986 menjadi Anggota Mejelis Pekerja Kongres HMI. Selepas dari status mahasiswa, kemudian menjadi part time di konsultan Agribisnis di Jakarta, kemudian menjadi Pegawai Negeri Sipil di Departemen Perindustrian RI sejak tahun 1987. Setelah beberapa tahun di Jakarta kemudian dipindah ke Gresik dan karena adanya Undang-Undang Otonomi Daerah kemudian menjadi PNS di Kabupaten Gresik. Sejak tahun 2010 menjadi Kepala Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten Gresik.

Sejak kecil hobinya membaca buku-buku sejarah dan komik-komik berlatar sejarah, hafal cerita sejarah tertentu dan cukup hafal cerita atau kisah Ramayana, Mahabarata, dan Baghavat Ghita. Selain hobi membaca, juga hobi menulis dan saat aktif di HMI sempat menyusun draft buku pedoman perkaderan HMI untuk di bahas di Lokakarya nasional perkaderan HMI. Sempat menuangkan pikirannya tentang azas Pancasila dalam sebuah tulisan yang cukup panjang untuk didiskusikan dengan teman-temannya di berbagai HMI cabang, antara lain cabang-cabang di Jawa Timur, Ciputat Jakarta, Semarang, Bandung, Padang, Mataram, dan lain-lain, sehingga akhirnya membantu kelancaran pengambilan keputusan Konggres HMI di Padang.

Pada tahun 2015, di sela-sela kesibukannya bekerja, dengan mencermati perkembangan politik dan agama di Timur Tengah dan di Indonesia, kemudian secara rutin dalam satu minggu tiga kali membuat tulisan berseri yang di upload di grup WA tentang sejarah agama khususnya agama Kristen dan Islam dalam bentuk tulisan berseri sehingga lebih dari 200 seri tulisan. Atas dorongan kolega kantor dan sesama mantan aktifis mahasiswa, tulisan berseri tersebut kemudian diwujudkan dalam bentuk buku, sehingga terbit buku HIMDA (MUHAMMAD) DALAM KONFLIK AGAMA DAN BANGSA.

Sebelum menjadi Kepala Dinas Tenaga Kerja sejak dilantik pada tanggal 14 November 2017, beliau ada Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *